Mesin batako isi 2 cetakan

Kebutuhan batako maupun pavingĀ  makin hari semakin bertambah karena semakin cepatnya pembangunan perumahan maupun jalan. Untuk mengimbangi banyaknya kebutuhan batako dibutuhkan mesin pencetak yang cepat dan ekonomis untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Pada awalnya banyak yang membuat batako ini cukup dengan cekatakan berbentuk persegi dengan bahan pasir dan campuran semen kemudian ditumbuk agar padat.

Cara tersebut bisa dikatakan cara manual sehingga akan membutuhkan waktu yang jauh lebih banyak sehingga kurang ekonomis.

Baca juga : Mesin dan alat yang digunakan membuat produk cor beton

Mesin batako sudah menjadi produk umum yang sudah banyak dijual dipasaran, mulai dari yang isi 2 cetakan, isi 4 cetakan, ada yang semi otomatis maupun yang full otomatis.

Artikel kreasi produk ini akan membahas mesin cetak batako untuk isi 2 cetakan batako atau paving.

Bahan rangka UNP 8

Untuk bahan yang digunakan mesin batako isi 2 cetakan sudah cukup menggunakan bahan rangka UNP 8 ( maksudnya 80 milimeter )

Rangka ini termasuk mulai dari kaki kaki pada dudukan cetakan sampai ke mesin bagian atas.

Bahan ini untuk membuat rangka dari mesin dengan ukuran panjang sekitar 140 sentimeter dan lebar 65 sentimeter sedangkan tinggi dari mesin sekitar 200 sentimeter ( lebih tinggi sedikit dari rata rata orang kalau sedang berdiri )

Kebutuhan daya penggerak

Agar bisa menggerakkan mesin ini dibutuhkan mesin penggerak dan untuk isi 2 cetakan bisa menggunakan motor diesel 8 HP

Kelebihan menggunakan motor diesel ini mesin bisa digunakan di lapangan yang jauh atau tidak adanya jaringan listrik,

Dan bisa juga menggunakan motor listrik mulai dari 1.5 HP atau sekitar 1.100 watt tetapi akan lebih baik kalau menggunakan dinamo motor listrik lebih dari 2 HP agar kerja mesin tidak terlalu berat.

Ini hanya menyediakan mesin saja sedangkan motor penggerak ini terpisah dari mesin dan bisa dibeli sendiri di toko terkedekat karena banyak yang menjual.

Mesin bagian bawah atau dudukan cetakan

Pada bagian bawah ada dudukan cetakan yang nanti akan digunakan untuk meletakkan cetakan batako atau paving.

Mesin bagian atas untuk mengangkat cetakan

Bagian atas dari mesin ada mekanisme seperti katrol yang akan digunakan untuk menggangkat cetakan paving.

Poros yang tidak 1 garis center untuk membuat getaran

Untuk menimbulkan getaran mesin ini menggunakan cara yang sederhana yaitu 2 buah poros yang dihubungkan dengan karet tetapi kedua porosnya tidak 1 garis center sehingga apabila berputar menimbulkan getaran.

Getaran yang timbul ini dimanfaatkan untuk memadatkan campuran pasir dan semen yang ada pada cetakan.

Dibutuhkan kopling rakitan untuk memutus dan menyambung tenaga.

Agar tenaga bisa diputus maupun disambung sesuai dengan kebutuhan maka dibutuhkan kopling untuk pengaturannya.

Kampas kopling sudah cukup hanya menggunakan karet ban bekas yang dipotong jadi bulat dan ditempel ke rumah kopling menggunakan baut.

Menggunakan mesin atau kopling cukup di injak seperti pada mobil

Apabila ingin mengetarkan mesin atau memadatkan bahan yang akan dicetak di mesin paving ini cukup diinjak saja, jadi malah sistemnya kebalikan dari sistem kopling kalau kita mengendarai mobil.

Hal hal diatas adalah hal penting yang ada di mesin batako 2 cetakan , untuk mesin batako dengan 4 cetakan sistem kerjanya saja hanya bahan rangka yang digunakan berbeda yaitu UNP 10 dan nanti akan saya bahas pada artekel lainnya.

Mesin yang sudah jadi dan siap digunakan penampakan seperti berikut :

Sekian dahulu artikel tentang mesin batako dan paving ini.

Apabila teman teman kreasi produk ingin membutuhkan alat ini bisa hubungi, Klik : Kontak

Untuk pengiriman ke seluruh daerah tidak ada masalah karena kalau dari Kota Surabaya banyak jasa pengiriman menuju kota kota lain di Indonesia.

Pada waktu pengiriman bisa dipacking hanya di bungkus plastik saja atau dipacking dibungkus menggunakan karung atau glangsing, seperti gambar dibawah ini.