Merakit mesin potong kain rol

Ada kalanya kita membutuhkan alat untuk memotong atau mengolah bahan tetapi membutuhkan alat yang harus dirakit sendiri sesuai desain dan ukuran yang kita inginkan. Contoh kasus ini yaitu merakit mesin untuk memotong kain atau plastik rol.

Mesin yang dibuat sendiri juga akan punya karakter khusus, semisal kecepatan putar poros tertentu akan menyebabkan bahan yang akan dipotong cocok apa tidak? hal seperti ini akan menjadi salah satu pertimbangan dalam merakin mesin.

Mesin ini akan dibuat dengan putaran poros agak cepat sehingga akan menggunakan pully untuk menurutkan putaran dari putaran dinamo motor sekitar 1400 rpm menjadi kisaran 500 rpm.

Pertimbangan putaran poros agak tinggi karena akan digunakan untuk memotong bahan plastik yang agak tebal, karena sebelumnya juga sudah saya tulis pada artikel untuk yang sama hanya untuk menurutkan putaran menggunakan gear box.

Baca juga : Mesin potong untuk memotong bahan dalam keadaan gulungan atau rol

Untuk ukuran sama persis dengan mesin yang dirakit sebelumnya, perbedaanya hanya pada mekanisme penurun putaran poros saja.

Dinamo mesin dipasang lebih tinggi untuk antisipasi resiko kebanjiran

Perbedaan lainnya yaitu dinamo mesin dipasang lebih tinggi dari mesin rakitan sebelumnya agar kalau ada banjir maka dinamo tidak terendam air yang akan menyebabkan konsleting listrik.

Tidak menggunakan gear box tetapi menggunakan pully

Untuk menurunkan putaran dinamo motor dan menyalurkan tenaga dari dinamo motor ke poros digunakan pully. Menggunakan pully ini dibutuhkan sabuk dimana perawatannya mudah dan banyak dijual suku cadangnya apabila sabuknya rusak.

Poros mesin menggunakan diameter 32 milimeter

Agar poros mesin cukup kuat tapi tidak memberatkan kerja dinamo yang mengunakan daya 1 PK maka pilihan poros dengan diameter 32 milimeter sudah cukup memadai.

Disamping itu poros dengan diameter 32 milimeter banyak terjual di pasaran atau toko bahan.

Mekanisme untuk mengeser pisau potong menggunakan 2 poros.

Mesin potong ini dibutuhkan mekanisme untuk mengeser pisau potong yang akan digunakan untuk mengatur lebar potong bahan rol kain atau plastik.

Untuk mengeser geser dan agar tidak goyang goyang saat mesin bekerja dibutuhkan 2 buah poros dan poros yang digunakan yaitu diameter 16 milimeter.

Posisi keluar masuk bahan ada diujung mesin

Bahan rol yang akan dipotong dibutuhkan mekanisme untuk keluar masuk bahan, posisi ini dibutuhkan pada ujung poros atau ujung mesin.

Cara kerjanya masih sama persis dengan mesin yang dirakit sebelumnya.

Dari ulasan diatas setelah mesin selesai dirakin dan di cat seperti tampak pada gambar dibawah.

Kebetulan karena mesin ini sifatnya rakitan sehingga tidak ada masalah apabila ada pemilihan warna cat mesin, cat yang diinginkan mesin ini kebetulan warna kuning.

Teman teman yang membutukan mesin lainnya atau mesin seperti diatas bisa,  Hubungi Pengelola Klik : Kontak

Apabila ingin tahu cara potong untuk membuat produk dompet dengan cara ditekan atau di pres bisa baca di artikel lainnya.

Baja juga : Cara memotong bahan menggunakan pisau cutting untuk buat dompet

Cukup dahulu artikel singkat ini semoga bermafaat dan dilanjut pada artikel lainnya.

Simak video : mesin potong kain rol