Pembuatan cetakan buis beton dengan tebal plat 4 milimeter

Buis beton adalah material bangunan yang dibuat dengan cara precast atau dibuat di suatu tempat kemudian dipasang pada tempat lain. Untuk membuat buis beton ini dibutuhkan cetakan yang umumnya terbuat dari plat besi.

Fungsi dari buis beton biasanya digunakan diantaranya untuk : gorong gorong saluran pembuangan, digunakan untuk sumur resapan, digunakan untuk saluran pengairan dan masih banyak lagi kegunaannya.

Baca juga : Cara memotong bahan menggunakan pisau cutting untuk buat dompet

Bahan utama membuat cetakan buis beton dari plat besi lembaran yang dipotong sesuai dengan ukuran kemudian di rol agar melengkung sesuai dengan diameter yang akan dibuat.

Tebal plat besi yang banyak digunakan

Kebanyakan tebal plat untuk membuat cetakan buis beton ini dengan tebal 2 milimeter apabila ingin dijual kembali kerena dengan pertimbangan harga jual yang lebih murah.

Tetapi apabila ingin dipakai untuk produksi buis beton sendiri tidak jarang dipesan dengan menggunakan plat tebal sesuai keinginan, misal tebal 3 milimeter atau 4 milimeter.

Pertimbangan memilih plat dengan yang lebih tebal salah satu pertimbangannya yaitu cetakan lebih awet dan kuat, sehingga akan lebih tahan lama kalau setiap hari digunakan untuk produksi buis beton.

Contoh pembuatan buis beton dengan plat 4 milimeter

Ini contoh kreasi produk cetakan buis beton dengan diameter 60 sentimeter, tinggi buis beton 50 sentimeter dan tebal buis 6 sentimeter.

Ukuran diameter yang sering dibuat yaitu :

Diameter 60, 70, 80, 90 dan 100 sentimeter.

Sedangkan tinggi buis rata rata sama yaitu 50 sentimeter.

Kalau tebal buis rata rata dibuat dengan tebal 6 sentimeter dan kadang juga dibuat dengan tebal 8 sentimeter sesuai dengan permintaan dan kebutuhan.

Desain kreasi produk cetakan buis beton ini ada 2 bagian, yaitu cetakan bagian dalam dan cetakan bagian luar.

Cetakan buis gorong gorong bagian dalam

Cetakan buis bagian dalam ini bisa dipecah menjadi 3 bagian, tujuan dari membagi menjadi 3 bagian yaitu agar cetakan ini mudah dibongkar dan dilepas setelah digunakan untuk precast atau proses pengecoran.

Satu bagian yang paling penting yaitu bagian pembuka, dimana bagian ini bisa diangkat ke atas.

Agar bagian pembuka ini mudah diangkat maka ukurannya relatih lebih kecil dan ukurannya lebih kecil pada diameter bagian bawah.

Setelah bagian pembuka ini diangkat maka bagian lainnya dengan mudah bisa dikeluarkan saat setelah digunakan untuk pengecoran ( pembuatan buis itu sendiri )

Ada engsel bada buis bagian dalam, dan engsel ini as bisa ditarik keatas dengan tujuan agar cetakan bagian dalam ini total becah dari 3 bagian.

Untuk memperkuat cetakan maka bagian dalam dari cetakan buis ini ditambah sabuk melingkar dan terdiri dari 3 posisi, yaitu sabuk posisi bagian atas, bagian tengah dan sabuk posisi bawah.

Dari segi ketinggian antara cetakan buis gorong gorong bagian dalam dan luar yaitu untuk cetakan buis bagian dalam lebih tinggi kisaran 10 sentimeter

Cetakan buis beton bagian luar

Untuk cetakan buis bagian luar dibuat diamter lebih besar dari bagian dalam sesuai dengan tebal buis yang diinginkan.

Pada cetakan buis bagian luar ini umumnya bisa dipecah jadi 2 bagian dengan posisi simetri jadi 2 bagian.

Perbedaan dengan cetakan buis bagian luar ini yaitu ada tambahan bibir cetakan, “ternyata cetakan buis juga punya bibir ya?” hanya istilah pribadi saya sendiri

Fungsi bibir buis ini selain digunakan untuk penguat atau rangka buis bagian luar juga ditujukan agar saat proses precast dari buis ini mudah saat meratakan sehingga tampilan dari buis juga semakin bagus.

Cetakan buis bagian luar yang bisa terbagi jadi 2 bagian ini sama persis hanya posisi kebalikan saja, sehingga kalaupun dibolak balik akan sama saja.

Rangka atau penguat cetakan buis bagian luar ini sama dengan bagian dalam yaitu 3 rangka, dimana rangka posisi atas, rangka posisi bagian bawah dan rangka posisi tengah.

Kalau cetakan bagian luar yang khusus yaitu ada pengunci yang bisa dilepas dan dipasang pada saat cetakan buis digunakan untuk pengecoran beton.

Cara mengencangkan pengunci ini tidak sulit karena hanya diputar saja seperti mengencangkan baut pada umumnya.

Baca juga : Kreasi produk membuat cetakan beton saluran air

Cukup dahulu artikel kreasi produk cetakan buis gorong gorong , semoga bermanfaat.

Teman teman yang ingin membutuhkan ingin dibuatkan baik dengan desain sama maupun ukuran yang berbeda. Informasi dan pertanyaaan Klik : Kontak