Cara buat seal tutup botol shampo hotel

Botol apabila diisi cairan sebaiknya diberi seal agar cairan tersebut tidak rembet keluar apalagi kalau nutupnya tidak rapat maka bisa bocor keluar cairan tersebut.

Pabrik botol tidak jarang hanya sebatas buat botolnya saja dan tidak melengkapi dengan seal tutup botol pada saat menjualnya.

Ukuran seal tutup botol bisa jadi susah untuk mendapatkan ukuran yang pas sehingga untuk mengatasi masalah ini bisa membuat seal tutup botol shampo hotel ini sendiri.

Baca juga : Peralatan dan pisau cutting untuk memotong kertas alas gelas hotel

Contoh kasus ini dialami oleh teman kreasi produk dari Jakarta yang kemudian mengirim sampel dari botol shampo hotel tersebut.

Contoh botol shampo hotel

Sebenarnya tidak harus dikirim sampel botolnya, jadi bisa diukur sendiri diameter dari seal tutup botol tersebut kemudian diinfoke ke kreasi produk untuk digambar ulang.

Agar mendapatkan ukuran yang pas maka harus dibuka kemudian diukuran dengan menggunakan jangka sorong supaya mendapat ukuran yang presisi.

Ukuran didapat diameter dalamnya 11 milimeter dan diameter luarnya 18 milimeter, bentuknya bulat tetapi ditengahnya lubang. Mirip donat bentuknya.

Desain dari pisau untuk buat seal tutup botol shampo hotel ini memang dibuat 4 kolom tujuannya agar sekali cetak bisa langsung memotong dengan jumlah 4 buah.

Dari gambar kerja ini bisa dilanjutkan proses pembuatan pisau cutting.

Jenis pisau yang dipilih yaitu pisau cutting atau pisau silet untuk mendapatkan ukuran yang presisi.

Kebetulan teman kreasi produk langsung buat 2 set pisau untuk digunakan sebagai cadangan.

Sampai disini mungkin akan timbul pertanyaan, bagaimana cara gunakan pisau ini?

Cara menggunakan pisau potong seal tutup botol

Untuk bisa digunakan untuk memotong pisau yang sudah jadi ini harus membutuhkan mesin press dan telenan.

Mesin press digunakan untuk menekan pisau ini ke bahan spon eva yang akan dipotong dan dijadikan seal.

Salah satu contoh mesin press yang bisa digunakan

Banyak alternatif mesin press yang bisa digunakan untuk memotong seal tutup botol ini.

Baca juga : Mesin press menggunakan laher untuk memotong bahan kulit

Telenan atau cutting board akan digunakan untuk melindungi ujung mata pisau agar tidak cepat tumpul, bahan dari telenan ini dari nilon PE.

Bahan nilon PE yang dijadikan sebagai telenan

Artikel contoh membuat seal ini juga sudah pernah kreasi produk tulis tetapi sebelumnya menggunakan bahan karet dan tujuannya bukan untuk tutup botol.

Baca juga : Cara membuat seal karet dari bahan lembaran menggunakan pisau cutting

Selanjutnya yaitu mencoba memotong menggunakan pisau ini

Uji coba untuk memotong

Kreasi produk coba memotong bahan seal dengan menggunakan salah satu mesin diatas dan hasil potongnnya seperti tampak pada gambar berikut :

Ini dicoba hanya satu lembar saja dan dalam prakteknya apabila digunakan untuk memotong dalam jumlah banyak bisa dilakukan dengan cara ditumpuk beberapa lembar.

Misalkan tebal bahan 1 milimeter bisa ditumpuk sampai kisaran 10 lembar atau tebal total jadi 10 milimeter atau 1 sentimeter, sehingga sekali potong bisa dapat ( 4 lubang x 10 lebar ) = 40 biji seal tutup botol.

Gambar diatas tutup botol sudah diisi seal hasil potongan dengan pisau cutting yang dibuat, jadi bisa diartikan membuat tutup botol shampo hotel ini berhasil.

Selamat berkreasi semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat. Sukses untuk semuanya.

Teman teman kreasi produk yang ingin dibuatkan pisau untuk buat tutup botol dengan ukuran yang sama atau ukuran lainnya bisa hubungi, Informasi dan Pengelola Klik : Kontak